Home » » KKN kelompok 14 Mengajar Di SD Paoran

KKN kelompok 14 Mengajar Di SD Paoran


Pendidikan memiliki peran penting bagi kehidupan manusia karena dengan pendidikan seseorang akan mendapatkan ilmu dan dengan ilmu tersebut seseorang dapat hidup dengan layak. Pada dasarnya pendidikan  dimulai sejak lahir hingga akhir hayat. Sesuai pendidikan yang ada di Indonesia yang mengacu pada UU No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional bahwa pendidikan dibagi menjadi tiga, yaitu pendidikan formal, infornal, dan nonformal. Pendidikan formal adalah pendidikan yang diselenggarakan oleh lembaga dibawah naungan kementrian. Pendidikan  nonformal adalah pendidikan yang diselenggarakan diluar jalur pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Sedangkan pendidikan informal adalah pendidikan yang dilakukan oleh keluarga dan lingkungan.
-          Mengajar di SD Negeri Paoran
Di desa Paoran hanya terdapat satu pendidikan formal, yaitu SD Negeri Paoran yang bersiswakan anak-anak desa Paoran yaitu Paoran Barat, Paoran Tengah, Paoran Timur, dan Paoran Utara. Demi menjalin kedekatan antara kelompok KKN dengan warga sekolah dasar, maka kelompok KKN UTM turut menjadi pengajar di SD Negeri Paoran. Sebelum memulai mengajar, kamii melakukan koordinasi dengan kepala sekolah dan guru-guru dii sana. Setelah itu kami mendapatkan jadwal kapan kami bisa mulai mengajar dan pelajaran apa yang akan kami sampaikan.
Pengalaman mengajar SD Negeri Paoran kelas 1 dan kelas 2, kesan pertama kami mengajar yaitu siswa-siswi SD Negeri Paoran bersemangat untuk belajar, kelas terlihat aktif dan semua siswapun dapat menerima pelajaran dengan baik.
Pengalaman mengajar SD Negeri Paoran kelas 3 dan kelas 4, kesan mengajar yaitu siswa-siswi SD Negeri Paoran dapat menerima pelajaran dengan baik den mareka merasa senang belajar dengan kelompok KKN UTM.
Pengalaman SD Negeri Paoran kelas 5 dan kelas 6, kesan kami mengajar yaitu siswa-siswi SD Negeri Paoran berantusias untuk belajar, Kamipun sebagai pengajar merasa sangat senang karena dengan kedatangan kami dapat membuat siswa termotivasi untuk belajar. 
-          Bimbingan belajar untuk anak Paoran
Bimbingan belajar sebelumnya belum pernah dilaksanakan di desa Paoran. Anak-anak belajar hanya di Sekolah saja. Maka dari itu kelompok KKN mengadakan bimbingan belajar untuk mereka yang ingin menambah  ilmu selain di Sekolah. Bimbingan belajar dilaksanakan pada malam hari setelah sholat isya’. Kira-kira pukul 19.00 anak-anak sudah berkumpul di posko kami.

0 comments:

Post a Comment